TIPS Menghadapi UNAS 2011

Kiriman dari FAHRUS ZAKARIYA IXB 2011

Persiapan Sebelum, Sewaktu dan Setelah Menghadapi UJIAN NASIONAL

“Ujian sudah dekat, ujian aku pasti bisa, aku yakin kita bisa lulus semua”.
Kawan-kawan, Yuk kita kibarkan bendera semangat kita untuk menyukseskan UNAS 2011 nanti dengan nilai yang sempurna. Kita semua tahu bahwa, menurut data yang dilansir dari DEPDIKNAS ujian untuk anak SMA/SMK sederajat akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 20 April 2011. Waduh, kalau dihitung tinggal berapa bulan lagi, tidak sampai 2 bulanan sepertinya, oleh karena itu jangan malas-malasan dong, waktu tinggal sedikit, jangan disia-siakan, rugi nantinya. Dan seperti biasa ada tips menarik buat kamu-kamu yang sekarang lagi mencari tips persiapan ujian, langkahnya cukup mudah, asalkan di laksanakan dengan sungguh-sungguh insyaAllah kita tidak akan canggung lagi dalam menghadapi UJIAN NASIONAL 2011. Ini dia rahasia paling jitu buat kamu untuk meraih kesuksesan UNAS 2011:

Persiapan Sebelum Ujian:

  1. Hadapi ujian dengan tenang, jangan biarkan fikiran tertekan, upayakan emosi stabil, kemudian badan sehat dan tidak terlalu memaksa otak untuk bekerja secara berlebihan. 
  2. Bersikap proaktif, misalnya dengan sering bertanya kepada guru bila belum mengerti, mencari bahan-bahan lain pendukung materi, dan jangan lupa harus memiliki patokan nilai tinggi sebagai motivasi belajar kamu.
  3. Buat rencana, semua proses itu memerlukan perencanaan yang matang, jadi ketika membuat rencana, aturlah sedemikian rupa, terutama dalam hal waktu, karena biasanya banyak godaan yang datang sehingga waktu yang tersisa menjadi sia-sia.
  4. Perbanyak membaca dan latihan soal-soal, dan jangan lupa kembangkan materinya, supaya tidak monoton dan tingkat keberhasilanmu menyelesaikan masalah / soalpun akan semakin terasah.
  5. Diskusi, walaupun hanya sekedar bertanya ini-itu, namun diskusi juga penting untuk menambah wawasan kita, terutama pada soal-soal yang belum bisa kita kerjakan atau kita kuasai.
  6. Efektifkan Belajar Di sekolah. Bila kamu tipe orang yang malas pergi ke sekolah, ngapain untuk lulus, so mungkin kamu sering membolos pada saat les pelajaran, dan meskipun hanya membahas soal saja, jangan di remehkan, soalnya kan les juga penting, sayang kalau fasilitas les dari sekolah tidak dimanfaatkan, siapa yang rugi?. Kita nantinya. So mulai sekarang, membolosnya dikurangi dan fokuslah pada pelajaran, ingat nasib ada ditanganmu sendiri, kalau kamu tidak mau merubah diri kamu sendiri, kapan mau LULUS.
  7. Mohon doa restu dari orangtua. Hati-hati loh bila saat ini kamu sering membuat marah, membuat kesal hati orangtua, karena bagaimanapun juga doa orangtua sangat kita butuhkan, jangan sampai deh saat ujian berlangsung kamu sedang berseteru dengan orangtua, akibatnya akan mempengaruhi hasil ujianmu. 
  8. Berdoa dan beribadah kepada Allah SWT. Setiap usaha harus kita awali dan kita akhiri dengan sebuah doa, berdoalah sungguh-sungguh kepada Allah, mintalah petunjuknya, mintalah ridho-Nya, jangan menyakiti-Nya dengan perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh-Nya, semakin dekat engkau kepada Allah, semakin besar pula kesuksesan menghampiri anda.
 
 Ketika Ujian / Mengerjakan Soal Ujian:
  1. Datang ke sekolah lebih awal. Hal ini digunakan untuk menyiapkan diri sedini mungkin, dan agar hati menjdai lebih tenang, fikiran lebih focus, bayangkan saja kalau kamu datang terlambat, selain kamu tidak konsentrasi, kamupun tidak bisa mengerjakan semua soal secara maksimal. 
  2. Tenang, dan percaya diri, jangan sampai rasa deg-degan membuat kamu tidak focus pada ujian.
  3. Santai namun tetap waspada, usahakan posisi duduk pada 30 derajat untuk mengantisipasi rasa kantuk yang tiba-tiba menyergap ketika mengerjakan soal ujian.
  4. Preview dahulu soal-soalnya sebelum dikerjakan, siapa tahu ada kesalahan.
  5. Jawab dengan strategis, upayakan untuk menjawab soal dari yang termudah dulu, baru kemudian yang tersulit, bila dari awal kamu sudah terfokus pada soal yang sulit, nanti giliran mendapatkan soal yang mudah fikiranmu sudah kacau, dan ini adalah jalan yang tidak menguntungkan buat kamu, soalnya waktu 90 menit sangat singkat sekali bila digunakan untuk mengerjakan soal ujian.
  6. Ketahuilah jawaban pilihan ganda dengan baik, jangan sampai salah dalam mengisi lembar LJK.
  7. Periksa ulang sebelum di serahkan ke petugas, mulai dari nama sampai jawaban, kalau waktu memungkinkan.
  8. Analisa hasil ujian.
 
Setelah Melaksanakan Ujian:
  1. Hari terakhir jangan sombong tapi perbanyaklah berdoa dan bersedekah. 
  2. Setelah lulus, bersujud syukurlah kepada Allah dan berterimakasihlah kepada orangtua kita, karena doa mereka kita bisa mendapatkan kelulusan yang kita inginkan.
Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kak chaisin berikan untuk anda.
Semoga saja tips ini bermanfaat buat anda…!!!!!!!!!!!
Dan tetap semangat ya untuk menghadapi UJIAN NASIONAL 2011…!!!

DAN YAKINLAH BAHWA KAMU PASTI BISA …..!!!!!!!!!!!!!

http://chairilmuhsin.blogspot.com/2011/02/tips-menghadapi-ujian-nasional-unas.html

About aminarto

penyampai berita gembira Lihat semua pos milik aminarto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: