Mengenal Error Connection Pada Browser

Ketika muncul pesan  error saat kita browsing, padahal dah yakin kalau URL yang kita masukkan benar tentu kita rada penasaran alias agak mangkel kale… ndak tau maksudnya lagi. nah pesan-pesan error pada browser yang sering kita temui diantaranya:
 
500 – Internal Server Error
Pesan error tersebut diartikan sebagai adanya masalah atau gangguan dan kesalahan dalam server internal website sehingga Anda tidak bisa mengakses website yang bersangkutan dan selama administrator situs belum memperbaikinya, maka pesan error tersebut akan muncul terus. Sabar saja


404 – Not Found
Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu :

– Data di database sebelumnya sudah ada, namun sudah dihapus atau dihilangkan dari database server.
– Terjadi gangguan akses internet atau down.
– Jika akses Internet tetap gagal, maka kemungkina besar halaman tersebut sudah tidak lagi beredar/broken link.
– Terjadi kesalahan penulisan alamat URL.

400 – Bad Request
Pesan kesalahan tersebut dialami oleh server yang tidak bisa mengerti perintah dari client. Umumnya, berupa kesalahan script coding di server, sehingga hanya administrator serverlah yang bisa mengatasinya. Kita hanya bisa berharap saja. hehehe…

403 – Forbidden
Yang pertama karena halaman situs tidak dapat diakses karena telah diatur sedemikian sehingga dalam servernya. Dan alasan kedua adalah sang pemilik situs tersebut belum membayar sewa hosting atau domain ke perusahaan tempat dia menyewa, sehingga terjadi pemblokiran dari pihak perusahaan server.

401 – Unauthorized
Pesan kesalahan tersebut karena user tidak memiliki otoritas atau ijin untuk mengakses halaman website. Biasanya situs diberi security berupa username dan password, sehingga Anda harus tahu username dan password tersebut.

408 – Request Timeout
Pesan ini terjadi karena timer atau waktu untuk mengakses situs terlampau lama dan telah habis. Hal tersebut disebabkan oleh kecepatan dan koneksi akses internet yang cukup lambat, dan server biasanya memiliki timer atau kuota batas waktu tertentu dalam pengaksesan data dalam database servernya.

Sebagai tambahan dan perlu diingat bahwa pesan-pesan khusus atau status mempunyai kode dalam pengertiannya, berikut :

Kode status 1xx : sifatnya sebagai informasi dan saat ini belum resmi digunakan.

Kode Status 2xx : Status proses positif, artinya request berhasil diterima, dimengerti dan bisa diproses oleh webserver.

Kode Status 3xx : Redirection, artinya web client harus melakukan proses lain, dalam hal ini mengakses informasi sesuai redirection yang diberikan untuk mengakses informasi yang diinginkan secara lengkap.

Kode Status 4xx : Status Client Error, artinya web server mendeteksi bahwa request dari web client tidak memenuhi format yang standar, sehingga tidak dapat dikenali dan diproses lebih lanjut.

Kode Status 5xx : Status server error, artinya webserver gagal memenuhi request dari web client karena ada seuatu hal yang menghalangi

moga bermanfaat.

About aminarto

penyampai berita gembira Lihat semua pos milik aminarto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: