Etika dalam Milis

berikut ini ada beberapa etika yang perlu diperhatikan dalam diskusi di milis:
a.       Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topik
Seorang anggota yang tidak mengganti subjek saat diskusi berganti topik akan dapat menyebabkan anggota milis yang lain menjadi kesal. Anggota milis lain mungkin ingin melihat tanggapan si pengirim pada topik yang sedang dibahas sesuai dengan subjek dan temyata topik sudah berganti ke masalah yang lain.
b.      Mengirim file besar kepada teman atau rekan kerja
Mengirimkan file-file yang besar melalui e-mail sering kali terasa mengganggu. Hal ini akan membuat kotak surat penerima e-mail menjadi penuh.
c.       Posting ke milis padahal seharusnya jalur pribadi
Kesalahan yang sering terjadi di milis adalah adanya anggota milis yang ingin mengobrol dengan seseorang, namun e-mail yang dikirimkan bukan ke alamat pribadi orang tersebut, melainkan ke alamat milis. Hal tersebut sering terjadi karena pengirim hanya tahu menekan tombol reply dan langsung klik send. Mengirimkan e-mail ke milis padahal e-mail tersebut bersifat pribadi atau hanya ditujukan untuk orang tertentu akan membuat kesal anggota milis yang lain. E-mail tersebut akan memenuhi kotak surat anggota milis.
d.      Mengirim ulang e-mail
Mengirimkan e-mail berulang-ulang biasanya ditakukan oleh orang-orang yang mengirimkan pertanyaan kepada anggota milis. Namun, karena tidak ada tanggapan dari anggota milis, orang tersebut kemudian mengirimkan kembali e-mail dengan isi yang sama. Hal tersebut dilakukan karena pengirim khawatir e-mailnya tidak sampai. Kebiasaan seperti ini akan membuat jengkel penerima email. Kita perlu menyadari bahwa milis adalah sarana diskusi yang sukarela, jadi kita tidak perlu mengirimkan e-mail yang sama berulang-ulang.
e.      Memposting topik yang tidakpada tempatnya
Kita harus menyadari bahwir milis mempunyai anggota yang berbeda latar belakang. jika kita ingin membahas hal-hal di luar topik yang seharusnya, sebaiknya kita mencari komunitas yang tepat, yang mempunyai latar belakang yang sama dengan kita.

About aminarto

penyampai berita gembira Lihat semua pos milik aminarto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: